WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perpustakaan Bagi Warga Miskin Dibangun Komunitas ini di ...

Posted by On 20.45

Perpustakaan Bagi Warga Miskin Dibangun Komunitas ini di ...

Senin 04 Desember 2017, 09:31 WIB Perpustakaan Bagi Warga Miskin Dibangun Komunitas ini di Lamongan Eko Sudjarwo - detikNews Perpustakaan Bagi Warga Miskin Dibangun Komunitas ini di LamonganFoto: Eko Sudjarwo Lamongan - Buku adalah jendela dunia dan generasi muda adalah pewaris masa depan. Kedua hal inilah yang melatarbelakangi sebuah komunitas di Lamongan membangun perpustakaan bagi warga miskin di Kelurahan Banaran, Kecamatan Babat.
Perpustakaan yang saat ini masih dalam pembangunan ini akan dilengkapi dengan kursus bahasa Inggris dan juga pendidikan keagamaan. Pembangunan ini digagas Komunitas Peduli Pendid ikan 'Banaran Peduli'.
Salah seorang penggagas perpustakaan dari Banaran Peduli, Rendra mengatakan, pembuatan perpustakaan berawal atas ide bersama yang menginginkan agar ada tempat belajar bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.
Dari gagasan, kata Rendra, kemudian direalisasikan dengan membuat perpustakaan dengan memanfaatkan bangunan milik Kelurahan Banaran yang selama ini tidak terpakai.
"Komunitas kami sebelumnya pernah berkumpul bersama dengan sejumlah pihak. Di antaranya pihak kelurahan dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyakarat (Babinkantimas) serta Babinsa Kelurahan Banaran," kata Rendra tentang pemanfaatan bangunan milik kelurahan.
Gayung pun bersambut. Ajakan untuk membuat perpustakaan bagi warga itupun mendapat dukungan dari Kokam Pemuda Muhammadiyah dan Banser Ansor. Dikatakan oleh Rendra, sebagai upaya kebersamaan, komunitas Banaran Peduli juga mengajak pihak lain untuk bersama-sama membangun perpustakaan tersebut. < br/>"Ini adalah bentuk kebersamaan kami agar semua pihak turut peduli dalam mencerdaskan generasi muda," ungkapnya.
Rencananya, lanjut Rendra, selain akan menyediakan buku bacaan untuk warga dan generasi muda, di perpustakaan yang saat ini masih dalam pembangunan ini akan ada kursus Bahasa Inggris dan Hafalan Al Quran atau Tahfidz secara gratis.
"Sebelumnya bangunan tersebut kita perbaiki mengingat kondisi atapnya yang rusak," kata Rendra.
Menurut Rendra, awalnya perpustakaan tersebut khusus untuk anak-anak kurang mampu, namun ke depan akan bisa dimanfaat juga untuk semua anak-anak dan warga Kelurahan banaran. Untuk membangun perpustakaan ini pihaknya tidak mengambil dana dari pemerintahan desa sama sekali. Semua perbaikan, kata Rendra, diambilkan dari sesama anggota Banaran Peduli dan juga donatur.
Di sisi lain, salah seorang donatur, A Rizky Kurniawan menyebut, bangunan perpustakaan tersebut akan dibagi menjadi tiga ruang, yakni ruang baca ata u ruang perputakaan.
"Di ruang baca akan disediakan berbagai buku tentang agama, ilmu pengetahuan serta tentang ilmu sosial. Perpustaakan juga kita lengakapi dengan jaringan internet gratis. Ruangan lainnya akan digunakan untuk proses belajar mengajar hafalan Al Quran dan Bahasa Inggris," terang Kiki, panggilan Ahmad Rizky Kurniawan.
(fat/fat)Sumber: Google News | Warta 24 Lamongan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »