WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Menyandingkan Mondok dan Kuliah

Posted by On 21.12

Menyandingkan Mondok dan Kuliah

Hari Santri Nasional 22 Oktober 2017 (foto: sulut.kemenag.go.id)Hari Santri Nasional 22 Oktober 2017 (foto: sulut.kemenag.go.id) Senin, 1 Januari 2018 05:00 WIB Kolom Share : GAGASAN
Menyandingkan Mondok dan Kuliah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (23/10/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, alumnus Madrasah Qudsiyyah Kudus, Jawa Tengah, dan dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com.

Solopos.com, SOLOรข€"Pada 2028-2030 Indonesia diperkirakan akan berada pada puncak bonus demografi (Badan Pusat Statistik, 2015). Kondisi ini membuat komposisi penduduk Indonesia lebih banyak yang berusia produktif, yakni pada usia 15 tahun-64 tahun.

Disebut bonus atau keunt ungan tentu saja jika kita mampu memaksimalkan kesempatan dan potensi tersebut. Sebaliknya, jika kita gagal mengantisipasi kondisi demografi tersebut, bukan bonus namanya tetapi bencana demografi yang akan terjadi.

Salah satu persiapan untuk mengoptimalkan kondisi demografi tersebut adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang andal dan berkarakter. Aspek pendidikan adalah salah satu kunci untuk memaksimalkan agar kondisi demografi di atas menjadi sebuah keuntungan bagi pembangunan bangsa.

Tanpa pendidikan yang memadai dan andal maka bonus demografi bisa berbalik menjadi bencana demografi karena penduduk usia produktif tidak memiliki bekal pengetahuan dan keilmuan yang memadai serta lemah karakter kebangsaannya.

Salah satu ikhtiar untuk membuat demografi bisa berguna untuk bangsa adalah dengan menyiapkan sebaik mungkin sumber daya manusia. Kesiapan pemanfaatan ini merupakan hal yang mutlak dilakukan jika kita ingin menikmati bonus demografi.

Tidak bisa dimungkiri, sebagian dari institusi penting yang bisa membantu menyiapkan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas adalah perguruan tinggi dan pondok pesantren. Sejak lama keduanya adalah tempat terbaik untuk menyiapkan warga negara yang andal, berkualitas, dan mampu bersaing dengan sumber daya manusia hasil gemblengan institusi yang lain.

Selanjutnya adalah: Tugas pokok pengajaran dan transformasi ilmu

lowongan pekerjaan
PT. BPR BINALANGGENG MULIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI Sumber: Google News | Warta 24 Surakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »