WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kementerian Agama cabut izin biro perjalanan umrah Hannien Tour

Posted by On 21.12

Kementerian Agama cabut izin biro perjalanan umrah Hannien Tour

Merdeka > Peristiwa > MAKASSAR Kementerian Agama cabut izin biro perjalanan umrah Hannien Tour Senin, 1 Januari 2018 00:31 Reporter : Wisnoe Moerti Gedung Kemenag. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Agama mencabut izin operasi PT Biro Perjalanan Wisata Al Utsmaniyah atau yang lebih populer dengan nama Hannien Tour. Sanksi administrasi pencabutan izin ope rasional penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) ini menyikapi kasus yang membelit perusahaan tersebut.

Melalui siaran pers yang diterima Minggu (31/12), Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M Arfi Hatim mengatakan pencabutan izin operasional tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 941 Tahun 2017 tentang Penjatuhan Sanksi Administratif Pencabutan Izin Penyelenggaraan PT Biro Perjalanan Wisata Al Utsmaniyah Tours sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah.

Hannien Tour terbukti melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Pasal 65 huruf a Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Sanksi atas pelanggaran penelantaran jemaah itu memicu jamaah gagal berangkat sehingga dilakukan pencabutan izin.

Dengan demikian Hannien Tour tidak memiliki hak untuk menjual paket umrah, menerima pendaftaran dan memberangkatkan jamaah umrah. Sebaliknya, Hannien Tour tetap be rkewajiban mengembalikan seluruh biaya yang telah disetorkan jemaah atau melimpahkan jemaahnya yang telah terdaftar kepada PPIU lain untuk diberangkatkan.

Kasus penelantaran jemaah umrah oleh Hannien Tour mulai terungkap pada April 2017 dengan adanya pengaduan masyarakat baik secara langsung kepada kepolisian, Kementerian Agama maupun melalui media massa. Atas laporan tersebut, Kemenag melakukan pemanggilan terhadap pihak PT BPW Al Utsmaniyah.

Selain itu, Kemenag juga melakukan mediasi antara PPIU dengan jemaah. Dalam upaya mediasi tersebut, Hannien menyatakan akan memberangkatkan jamaah dan mengembalikan biaya (refund) kepada mereka yang ingin menarik kembali uangnya.

Namun hingga kini janji itu belum dilaksanakan. Sebagian jemaah akhirnya melaporkan pimpinan Hannien Your kepada pihak kepolisian. BPW Al Utsmaniyah Tour memperoleh izin penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah sejak tahun 2012. Izin tersebut berdasarkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor D/472 Tahun 2012 tanggal 22 Juni 2012. Izin kemudian diperpanjang berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 154 Tahun 2015 tanggal 25 Juni 2015.

Direktur Utama Hannien Tour adalah Farid Rosyidin yang tinggal di Kecamatan Cibinong, Bogor. Selain kantor pusat, Hannien Tour juga memiliki beberapa cabang, yaitu di City Mall, Solo Paragon Mall, Asia Plaza Tasikmalaya, Living World Alam Sutera, Festival City Link Bandung, Trans Studio Makassar, Grand City Surabaya dan SKA Mall.

"KMA tentang penjatuhan sanksi ini sudah kami sampaikan langsung pada Jumat lalu ke alamat kantor Hannien Tour di Cibinong dan alamat Rumah Pak Farid di Curug Kota Bogor tapi belum bertemu dengan para pihak karena kondisinya kosong," kata dia.

Sebelumnya, dua orang petinggi biro jasa perjalanan umrah Hannien Tour Solo berinisial FR (45) sebagai Direktur dan AV (50) yang merupakan Bendahara Biro Jasa Hannien Tour, ditangkap di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat ( 22/12).

"Mereka kita tangkap di sebuah ruko di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Ruko tersebut kita duga sebagai kantor pusat Hannien Tour. Penangkapan berjalan lancar, tanpa perlawanan," ujar Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi.

Selain tersangka, lanjut Agus, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti, diantarany dokumen, laptop dan komputer. Menurutnya, barang-barang tersebut komputer dan laptop akan digeledah dan diperiksa.

"Barang bukti akan kita telusuri. Kami yakin ada cabang-cabang lain Hannien Tour di seluruh Indonesia. Kita juga yakin korban penggelapan biro jasa umrah itu juga bertambah melalui pengembangan," tandasnya. [noe]


Topik berita Terkait:
  1. Penipuan Umrah
  2. Umrah
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Warta 24 Surakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »