WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

90% Rumah Terendam Rob

Posted by On 20.52

90% Rumah Terendam Rob

Post Views: 74 Terendam Rob

ROB â€" Hujan lebat yang melanda wilayah Kota Santri membuat sejumlah titik di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, terendam rob.
TRIYONO

Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Pekalongan beberapa hari terakhir membuat wilayah pesisir Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, terendam rob. Setidaknya hampir 90 persen lebih rumah di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto terendam.

Hal itu dibenarkan anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Moh Nurkholis. Rob di Jeruksari tingkat ketinggian pasang surut. “Kalau pagi sempat naik lagi, kemudian pada pukul 14.00 turun. Tapi yang pasti masih ada rumah-rumah warga yang saat ini masih terendam luapan air laut,” terangnya.

Padahal Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan sudah melakukan audiensi ke Komisi VIII DPR RI di Senayan Jakarta men gusulkan agar rob masuk kategori bencana.

“Rob atau meluapnya air laut ke daratan sudah semestinya masuk kategori bencana. Sebab peristiwa ini terjadi secara terus menerus,” terangnya.

Pihaknya meminta supaya pemerintah daerah juga sepaham dengan Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan supaya mengusulkan kepada pemerintah pusat agar rob masuk kategori bencana.

Dengan begitu, penanganannya tidak spasial melainkan komprehensif, baik dari segi dukungan anggaran maupun teknologi yang akan digunakan untuk penanganan rob.

Politisi asal Fraksi PDI Perjuangan ini mengapresiasi langkah-langkah dari pemerintah daerah yang tanggap serta telah melakukan beberapa penanganan. Apresiasi positif juga diberikan kepada aparat polisi dan TNI yang bahu membahu membantu korban banjir di Desa Jeruksari dan desa lainnya di yang terendam banjir rob.

Meski begitu, ia menilai posko bencana di desanya masih terlihat sepi, bantuan logistik juga masih belum ada. Memang, kata di a, warga masih memilih tinggal di rumahnya masing-masing, belum mau mengungsi. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Sumber: Google News | Warta 24 Pekalongan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »