WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Melihat Eksotisnya Alam Majalengka

Posted by On 22.53

Melihat Eksotisnya Alam Majalengka

(Terasering Argapura, Majalengka. foto: file)

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Bagi Anda yang suka berpetualang mengunjungi objek-objek wisata, maka sesekali datanglah ke Majalengka. Di sana, Anda bisa mendatangi beberapa tempat wisata dari yang membuat hati dan pikiran Anda fresh sampai objek wisata yang bisa memacu adrenalin Anda.

Majalengka atau yang sering dikenal dengan nama Kota Angin adalah salah satu kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Majalengka. Ada pun luas wilayahnya sekitar 1.204 km² dengan jumlah penduduk sekitar 1,182 juta (2015).

Bagian utara wilayah kabupaten ini adalah dataran rendah, sedang di bagian selatan berupa pegunungan. Gunung Ciremai dengan ketinggian 3.076 m berada di bagian timur, yakni di perbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Provisi Jawa Barat, dan merupakan taman nasinoal, dengan nama Taman Nasional Gunung Ciremai.

Secara topografi, menurut beberapa sumber setempat, Kabupaten Majalengka berada pada ketinggian 19 â€" 857 m di atas permukaan laut. Secara umum, dapat dibagi ke dalam tiga zona antara lain; pertam, daerah pegunungan dengan ketinggian 500 â€" 857 m di atas permukaan laut. Zona ini meliputi 40,03% luas Kabupaten Majalengka atau sekitar 482,02 km2.

Kedua, daerah berbukit dengan ketinggian 50 â€" 500 m di atas permukaan laut. Zona ini meliputi 31,27% luas Kabupaten Majalengka atau sekitar 376,53 km2. Dan ketiga, daerah dataran rendah dengan ketinggian 19 â€" 50 m di atas permukaan laut. Zona ini meliputi 28,70% luas Kabupaten Majalengka atau sekitar 345,69 km2.

Objek Wisata di Majalengka

Meski Majalengka tak setenar Bali, tapi kota yang kini menjadi lokasi berdiriny a Bandara Internasional Jawa Barat itu mempunyai beberapa objek wisata yang tak kalah menarik dari daerah-daerah di Indonesia lainnya. Berikut adalah beberapa objek wisatadi Majalengka yang bisa Anda kunjungi.

Pertama, Cadas Gantung. Cadas Gantung, Majalengka. Tempat wisata alam ini letaknya berada di Desa Mirat, Leuwimunding, Majalengka. -6.9354093,108.3618803 adalah titik koordinat tempat wisata terbaru di Majalengka.

Tebing atau cadas adalah yang menggantung adalah daya tarik tempat wisata ini. Seperti biasa, anda cukup mengikuti koordinat yang telah tersedia untuk berkunjung ke Cadas Gantung, Majalengka ini.

Anda harus punya tubuh yang sehat untuk bisa sampai ke tempat wisata Cadas gantung ini.

Kedua, Talaga Herang. Telaga Herang, Majalengka. Lokasi tempat wisata alam di Majalengka ini berada di antara tiga w ilayah desa. Tepatnya yaitu Desa Padaherang, Desa Lengkongkulon, dan Desa Padaherang.

Semua desa tersebut berada di Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, dengan koordinat -6.7934687,108.3831149. Obyek wisata murah di Majalengka ini memiliki air yang sangat jernih. Anda dapat bermain-main air, berenang, ataupun mengarungi danau ini dengan perahu bebek yang disewakan.

Ketiga, Perkebunan Teh Cipasung. Perkebunan Teh Cipasung, Majalengka. Tempat wisata alam di Majalengka ini berada di Desa Cipasung, Kec. Lebahsugih, Majalengka, sekitar 50 kilometer dari alun-alun kota.

Koordinat Perkebunanteh di Majalengka ini adalah-7.0610789,108. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang menjadi daya tarik tempat hunting di Majalengka ini.

Keempat, Curug Muara Jaya, Cibali. Curug Muara Jaya, Cibali, Majalengka. Tempat wisata alam ini berlokasi di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Koordinat tempat wisata alam curug Muara Jaya adalah -6.9121761,108.3492216.

Kelima, Curug Sawer. Curug Sawer, Majalengka. Lokasi Curug Sawer ini berada di Kecamatan yang sama dengan curug Muara Jaya. Bahkan daya tarik yang hampir sama akan anda dapati di salah satu dari sekian Curug di Majalengka ini.

Koordinat Curug Sawer ini adalah -6.8371284,106.9247114. Anda tidak akan tersesat bilamana ingin mengunjungi tempat wisata indah di Majalengka ini.

Keenam, Curug Cipeuteuy. Curug Cipeteuy, Majalengka. Selain curug Muara Jaya, Curug Cipeuteuy yang juga berada di Majalengka ini berada di Dusun Pasir, Desa Bantaragung, Kec. Sindangwangi. Koordinat tempat wisata alam di Majalengka ini

Curug ini berada pada -6.8239095,108.3798837. Selain pemandangan alam yang indah,anda juga dapat bermain-main air bahkan mandi di Curug Ci peuteuy Majalengka ini. Ikuti koordinat yang telah disediakan di atas untuk mengunjungi tempat wisata indah ini.

Ketujuh, Curug Sempong. Curug Sempong, Majalengka. Lokasi tempat wisata alam curug di Majalengka ini berada pada koordinat -6.8353815,108.1842641.

Berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Majalengka, curug-curug ini letaknya saling berdekatan. Harga tiket masuk ke curug ini sekitar Rp 5.000,00. Untuk berkunjung ke curug ini anda cukup mengikuti koordinat yang telah tersedia dengan kendaraan pribadi anda.

Kedelapan, Paralayang Gunung Panten. Paralayang Gunung Punten, Majalengka. Tempat wisata Paralayang Majalengka ini berada di Puncak Gunung Punten dengan koordinat -6.8463014,108.2014268.

Di samping bermain paralayang, terdapat pula pemandangan yang indah dari puncak gunung Punten. Jarak tempat berfoto di Maja lengka yang indah ini sekitar 7 kilometer dari pusat kota Majalengka, tepatnya Desa Sidamukti, Munjul, Majalengka.

Kesembilan, Agro Batu Luhur. Agro Batu Luhur, Majalengka. Letak tempat wisata alam Agro Batu Luhur ini berada di Desa Jerukleueut, Sindangwangi, Majalengka. Koordinat tempat wisata alam Agro Batu Luhur ini berada pada -6.8048834,108.4057722.

Pemandangan yang indah, out bond, bercocok tanam, berburu, penangkaran domba dan lainnya. Merupakan daya tarik tempat wisata alam di Majalengka ini.

Kesepuluh, Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung. Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung, Majalengka. Lokasi tempat ini berada di -6.940828,108.3386446.

Selain situ, makam Sunan Purung yang merupakan salah satu tempat wisata religi di Majalengka ini pun banyak dikunjungi para wisatawan. Berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Majalengka. Situ Sangiang menyajikan agrowisata jagung dan juga susu murni selain pemandangan indah situ.

Kesebelas, Gunung Cereme. Gunung Cereme, Majalengka. Tempat wisata ala gunung Cereme ini berdiri di atas 3 Kabupaten, yakni Majalengka, Cirebon, dan Kuningan.

Oleh dari itu,tempat wisata alamnya pun berbeda-beda tergantung di daerah masing-masing. Dari arah Majalengka, tempat wisata alam gunung Cereme adalah awal dari jalur pendakian ke puncak gunung Cereme.

Tempat wisata alam Majalengka ini mempunyai koordinat -6.893328,108.4044779, dan ketinggian hingga 3.078 DPl. Saat ini tempat wisata alam ini di kelola oleh Taman Nasional Gunung Cereme. Tiket masuk ke tempat wisata alam gunung Cereme, Majalengka ini seharga Rp 6500,00 per orang.

Dua belas, Situ Cipanten. Situ Cipanten, Majalengka. Telaga atau danau kecil ini juga bisa menjadi objek wisata di Majalengka untuk anda dan keluarga.

Telaga ini memang tidak terlalu dikenal, namun cukup menarik untuk kita kunjungi. Lokasi Situ Cipanten ini berada di antara desa Sindang dan desa gunung Kuning, dengan koordinat -6.8240504,108.3255196. Gunakan gps pada ponsel pintar atau kendaraan anda untuk pergi berkunjung ke tempat ini.

Tiga belas, Panyaweuyan Argapura. Panyaweuyan Argapura, Majalengka. Lokasi tempat wisata keluarga ini berada di Argamukti, Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka.

Anda yang menyukai fotografi, terutama lanskap, pemandangan di tempat wisata keluarga di Majalengka ini sangat cocok untuk anda.

Udara yang sejuk, dan suasana yang tenang adalah bonus yang akan membuat anda lebih fokus lagi. Tempat wisata lereng gunung Cereme ini berada di koordinat -6.9169302,108.347928.

Empat belas, Situ Cipadung. Situ Cipadung, Majalengka. Tempat wisata alam berikutnya berada di koordinat -6.8269031,108.3389319. Situ Cipadung ini berada di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh, Paj ajar, Indrakila, Sindang, Kabupaten Majalengka. Situ Cipadung di Majalengka ini lumayan diminati masyarkat.

Suasana alam di situ Cipadung ini masih asli. Anda dapat menemui kera liar dan kelelawar yang menggantung di pohon di sekitar situ sementara anda bermain-main air.

Selain objek wisata di atas, masih sekitar 20 an tempat wisata lainnya yang tersedia di Majalengka dan bisa dikunjungi. (A/RS3/P1)

(dari berbagai sumber)

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

★★★★★Melihat Eksotisnya Alam Majalengka,0 / 5 ( 0votes )You need to enable JavaScript to voteauthor

Author: bahron

Related search

Related Posts

Atap ‘Merak’ Bandara Kertajati ‎Didatan   gkan dari Jerman

Atap ‘Merak’ Bandara Kertajati ‎Didatangkan dari Jerman

Desember 2017, Pembangunan Akses Jalan Non-Tol Menuju BIJB Kertajati Dimulai

Desember 2017, Pembangunan Akses Jalan Non-Tol Menuju BIJB Kertajati Dimulai

BIJB Hadir, Bandara Husein Tak Lagi Layani Penerbangan Sipil Terjadwal

BIJB Hadir, Bandara Husein Tak Lagi Layani Penerbangan Sipil Terjadwal

Nuansa Merak Kental di BIJB Kertajati

Nuansa Merak Kental di BIJB Kertajati

Sumber: Google News | Warta 24 Majalengka

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »