www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Warga Desa Karanggeneng Lamongan Merdeka Berkat Bank ...

Posted by On 18.01

Warga Desa Karanggeneng Lamongan Merdeka Berkat Bank ...

Beberapa pengurus Bank Sampah memilah sampah-sampah hasil dari setoran warga RT 02 RW 01 Desa Karanggeneng Kecamatan Karanggeneng Lamongan. Foto: Omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Selain membuat kotor, sampah juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Sampah plastik, logam, kertas, dan kaca merupakan sampah anorganik yang tidak bisa hancur bertahun-tahun di dalam tanah. Di Desa Karanggeneng Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sampah justru ditabung atau dikumpulkan oleh warga sehingga bisa mendatangkan rupiah. Hal itu yang dilakukan oleh Pengurus RT 02/RW 01 Desa Karanggeneng. Mereka mendirikan sebuah Bank Sampah yang menampung berbagai jenis sampah dari wilayah lingkungan RT tersebut.

Ketua RT 02/RW 01, Sunandar kepada kanalindonesia.com mengatakan beberapa jenis sampah yang bisa di tabung antara lain plastik, logam, kertas, dan kaca yang termasuk dalam golongan sampah anorganik. Sedangkan untuk sampah organik tidak ditabung melainkan diolah menjadi pupuk kompos.

“Ada beberapa jenis sampah yang ditabung seperti plastik, logam, kertas dan kaca. Untuk yang organik tidak ditabung tapi diolah langsung menjadi pupuk kompos,” katanya.

Sistem tabungan yang dijalankan pada bank sampah ini, warga membawa berbagai jenis sampah yang telah ditentukan. Ada petugas yang mengumpulkan, menimbang dan menaksir sampah-sampah yang disetorkan itu. “Sebelum ditabung, sampah milik nasabah ditimbang dan akan dihargai sesuai dengan jenisnya.,” lanjut Sunandar.

Setelah dirupiahkan, maka nilai nominal tersebut akan dicatat pada buku tabungan nasabah. Uang yang terkumpul, baru bisa dicairkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentu kan. Keuntungan yang bisa didapat warga ketika menjadi nasabah bank sampah tersebut antara lain bisa mendapatkan uang serta lingkungan bersih dan sehat. Barang-barang bekas yang telah ditabung akan dipilah oleh pihak bank sampah. Semua barang karena selain dijual kembali, sampah-sampah itu akan dibuat menjadi berbagai barang kerajinan tangan.

“Selain dapat rupiah, lingkungan juga bersih dan sehat. Itu keuntungan yang bisa didapat nasabah. Kemudian sampah-sampah yang telah ditabung akan kami pilah dan kami jual lagi ke luar kota, sebagian kami olah menjadi barang kerajinan tangan seperti tas, dompet, bunga dan lain-lain,” imbuhnya.

Wilayah RT 02/ RW 01 Desa Karanggeneng ini tergolong sebagai RT Mandiri menuju kepada Kencana dalam Program Lamongan Green and Clean (LGC). Sunandar menargetkan wilayah RTnya menjadi RT Comunity Center dengan brand “Kawasan Tanaman Hortikultura”. Ini dbuktikan dengan rutinitas warganya melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah kerja bakti tiap hari Jum’at. (Omdik)

Sumber: Google News | Warta 24 Lamongan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »