www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perngamanan Pilkada Serentak Jateng, Polda Gelar Pasukan Ops ...

Posted by On 18.08

Perngamanan Pilkada Serentak Jateng, Polda Gelar Pasukan Ops ...

Perngamanan Pilkada Serentak Jateng, Polda Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018

Kapolda Jateng akan menjadi inspektur upacara Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018 di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jumat (5/1/2018) hari ini.

Perngamanan Pilkada Serentak Jateng, Polda Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAFOps Mantap Praja 2018 Polda Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono akan menjadi inspektur upacara Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018 di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jumat (5/1/2018) hari ini.

Operasi Mantap Praja 2018 adalah dalam rangka pengamanan pilkada serentak di Jateng.

Selain pemilihan Gubernur (pilgub) dan wakilnya, tujuh wilayah di Jateng juga memili pasangan Bupati dan Wali Kota.

Ketiganya ialah Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Magelang, Karanganyar, Tegal, dan Kota Tegal. Sebelum melaksanakan gelar pasukan, Polda lebih dahulu melaksanakan latihan pra ops dan latihan Pengakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dalam refleksi akhir tahun lalu menjelaskan setidaknya lebih dari 21 ribu personil polisi akan dikerahkan untuk pengamanan pilkada. Jumlah tersebut akan dibackup oleh 5 ribu personil TNI dan 123 ribu linmas.

"Dari data kerawanan yang dikeluarkan Bawaslu, ada enam wilayah di Jateng yang masuk 128 besar ada Kudus di ranking 73, lalu berturut-turut Karanganyar, Magelang, Kota Tegal, Banyumas dan Temanggung, sementara untuk provinsi Jateng berada di ranking 17," jelas Condro.

Meski dilihat dari rankingny a seluruh wilayah Jateng dipastikan dalam kategori kerawanan konflik rendah, Condro tidak terlena. Tim intelenjennya sudah melakukan pendekatan-pendekatan ke berbagai pihak untuk mendata potensi kerawanan.

"Untuk mengantisipasinya kami dari jauh-jauh hari melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat, ulama, dan pemerhati masalah sosial kami ajak menyeuarakan pemilu demokratis, santun. Bukan mengangkat hal hal yang sektarian," terang jenderal bintang dua tersebut.

Pihaknya juga melihat potensi-potensi isu yang akan bisa dijadikan pemecah kebersamaan masyarakat. Dari situ, kini pihaknya membagi TPS ke dalam tiga kategori. Pertama TPS Aman, yang berjumlah 62324, TPS Rawan 1 sejumlah 11357 dan TPS Rawan 2 sejumlah 2490.

Dari jumlah TPS yang jauh lebih banyak dari jumlah personil polisi tersebut, nantinya tidak setiap satu TPS dijaga satu polisi.

"Jadi kalau TPS dengan status aman, anggota Polri mengawasi lebih dari satu, mereka bergerak dari sa tu lokasi ke lokasiblainnya yang tetap dan ditanam dhanya Linmas. Kalau yang rawan satu TPS dijaga polisi hingga selesai, begitu juga dengan rawan dua," tandasnya.

Selain itu, Condro juga menyiapkan pasukan ada perkuatan di tujuh wilayah Jateng yang menggelar pemilihan bupati dan walikota. "Yang lain di standbykan di markas, polanya rayonisasi kalau satu wilayah ada kejadian misalnya Tegal maka Brebes, Pemalang membantu, kemudian baru Polda," pungkasnya.

Penulis: rival al-manaf Editor: galih permadi Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Detik-detik Penangkapan Brigadir Jumadi, Oknum Polisi yang Bawa Kabur Uang Rp 10 Miliar Sumber: Google News | Warta 24 Temanggung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »