www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JATENG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pentasarufan BAZNAS, 40% Muzaki ASN akan Membantu ...

Posted by On 18.08

Pentasarufan BAZNAS, 40% Muzaki ASN akan Membantu ...

WONOSOBOZONE â€" Dari catatan Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo dii tahun 2017 zakat yang terkumpul sebesar Rp 1,637,697,138, berasal dari muzaki pemberi zakat Aparat Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Wonosobo, atau baru 18% dari total jumlah muzaki ASN , apabila di tahun 2018 muzaki ASN yang salurkan zakatnya melalui baznas mencapai minimal 40%, maka akan lebih berperan dalam pengentasan kemiskinan. Demikian dikatakan ketua Baznas Wonosobo Syarif Hidayat saat mengikuti pengajian Bersama Pemkab, Kodim dan Polres di Pendopo Bupati Kamis (4/1).

Syarif mengutarakan perolehan z akat telah disalurkan secara bertahap di berbagai penyaluran. Yakni salah satunya, zakat konsumtif, zakat bidang kemanusiaan yang disalurkan melalui muzaki-muzaki ASN menjelang Idul fitri tahun lalu.
Dikatakan Syarif, ada 5 bidang pentasarufan zakat Baznas, pertama di bidang kesehatan sebesar Rp 102.000.000 yang sudah disalurkan beberapa waktu lalu berupa khitanan masal, bekerjasama dengan RSUD KRT Setjonegoro, dengan target peserta terpenuhi. Kedua, Bidang kemanusiaan juga diberikan kepada yatim, piatu, fakir, miskin, fisabilillah. Penyaluran sebesar Rp 796.947.138. Ketiga, yaitu bidang Dakwah dan advokasi penyaluran sebanyak 130.000.000, untuk disalurkan kepada Guru Ngaji, dan Imam Masjid.
Semua bidang program penyaluran diarahkan untuk pemberian bantuan bagi fakir miskin. “Semua bidang, baik kemanusiaan bidang kesehatan, bidang dakwah advokasi penekananya kepada fakir miskin”, katanya.
Lanjutnya dibidang ekonomi penyaluran baznas sebesar Rp 200.000.000, dalam be ntuk bantuan modal usaha ekonomi produktif untuk pedagang kecil. Sementara pentasarufan baznas di bidang Pendidikan, bantuan sebesar Rp 408.750.000 untuk siswa miskin dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA. Selain itu, bantuan juga diberikan kepada Guru-guru wiyata bhakti yang ada di Kabupaten Wonosobo.
Syarif berharap kedepan angka yang 40% tersebut bisa naik menjadi 100%, dari ASN di tambah TNI POLRI untuk salurkan zakat 2,5 % tersebut melalui Baznas. Sehingga akan semakin merata penyaluranya, untuk berperan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo.
Di kesempatan tersebut dilakukan penyerahan pentasarufan secara simbolis oleh Wakil Bupati, Dandim dan Kapolres kepada para penerima penyaluran.

Sumber: Google News | Warta 24 Wonosobo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »